diposkan pada : 24-01-2016 14:09:21 Pengembangan bisnis, bisnis online, UMKM,

Saat bisnis sudah berjalan ke arah era digital dan semuanya serba internet. Maka tidak ada yang salah jika kita ingin turut serta ambil andil dalam memanfaatkan peluang yang ada di depan mata. Ketika Go-Jek, Grab-Tax sudah mulai start mengambil peluang tersebut, apakah Anda hanya akan melihatnya saja? Tidak kah Anda tergerak dan berkata

“Ohh yaa, Saya juga ingin menjalankan dan membesarkan bisnis seperti mereka”. Lalu niatkan dalam hati bahwa “Saya bisa jika saya mau berubah dan berusaha”

Pasti akan mulai timbul beberapa pertanyaan dalam benak Anda,

   

  1. Apakah saat ini masih ada pebisnis yang menggunakan cara kuno dalam memasarkan produknya?

  2. Apakah saat ini masih ada pebisnis yang hanya mengandalkan toko serta menyewa gedung yang mahal?

  3. Apakah saat ini masih ada yang bergelut dibidang bisnis asuransi? Atau MLM? Dan masih mendatangi pelanggan untuk    memprospek orang satu persatu?

Mari tinggalkan itu semua..     

Karena saat ini semua pertanyaan di atas bisa Anda lakukan melalui internet. Pebisnis bisa besar jika mau berubah dan mengambil kesempatan yang ada di depan mata. Dan dengan digital marketing Anda bisa melakukan hal di atas dengan mudah. Anda bisa memprospek orang dengan mudah karena menggunakan suatu sistem otomatis.

Bisa Anda bayangkan, seumpama Anda mengadakan webinar dan berhasil mendapatkan data email sebanyak 1700. Setelah acara, Anda masih bisa memanfaatkan data tersebut untuk promosi dan sebagainya. Hal baiknya lagi, Anda bisa berkomunikasi dengan 1700 orang tanpa biaya alias gratis, tanpa harus bertatap muka dan dibantu dengan teknologi. Inilah kehebatan digital marketing.

Sebenarnya, untuk menjadikan bisnis Anda besar terdapat 5 kriteria yang harus dipenuhi yakni

1. Need

Cari market yang membutuhkan bisnis Anda. Jadi, ada orang yang ingin membeli produk Anda dan ada orang yang membutuhkan produk Anda. Jangan sampai Anda menjual produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pelanggan. Pastikan terlebih dahulu produk Anda banyak peminatnya. Semakin suatu produk memiliki banyak peminat, semakin besar peluang profit yang akan Anda dapatkan.

2. Entry

Cari entry bisnis yang tinggi dan jangan terlalu mudah. Maksudnya analisa terlebih dahulu seberapa susah untuk membuat suatu bisnis yang sama seperti Anda. Hal ini dilakukan untuk memperkecil adanya kompetitor. Semakin susah entry bisnis Anda, semakin besar peluang besarnya bisnis Anda.

3. Control

Dari awal hingga akhir lakukan kontrol penuh terhadap bisnis Anda. Misalnya, Anda pemilik toko handphone jual lah banyak merk handphone, jadi jika seumpama satu tutup maka Anda masih bisa menjual merk handphone yang lainnya.

4. Time

Jangan tukarkan waktu Anda dengan uang. Mengapa? Karena waktu adalah sesuatu hal yang mustahil untuk dibeli dan di ulang. Carilah sesuatu dimana Anda bisa membebaskan waktu Anda dan terus menghasilkan profit.

5. Scalable

Bisnis Anda bisa dibesarkan dan diperluas. Bisnis bisa besar jika bisnis itu sendiri sudah memiliki sistem. Misalnya, sistem franchise yang saat ini sudah sangat sering terjadi, hal itu menandakan bahwa bisnis tersebut bisa dibesarkan.

Artikel lainnya »